WELCOME TO COFFEEBREAK EDUCATION ZONE

WELCOME TO COFFEEBREAK EDUCATION ZONE

daftar isi

Google Translate
English

Minggu, 04 Maret 2012

Belajar Mengajar

Belajar Mengajar
Dalam pendidikan tidak lepas dari dua proses yakni proses belajar dan mengajar (Sadiman,dkk. 2007:1). Kedua proses tersebut seolah-olah tidak dapat terpisahkan satu dengan yang lain. Ada anggapan bahwa proses belajar pasti ada proses mengajar. Namun hal itu tidaklah benar sebab proses belajar dapat terjadi dimanapun dan kapanpun terlepas dari ada yang mengajak atau tidak. Proses belajar tidak terjadi karena ada interaksi individu dengan lingkungannya. Perlu ditegaskan bahwa setiap saat dalam kehidupan terjadi suatu proses belajar mengajar, baik sengaja maupun tidak sengaja, disadari atau tidak disadari.
Adapun faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah adalah :
1. Aktivitas siswa
Aktivitas siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran. Yuwono dan Abdullah (dalam Abdurarrahman,2002) mengartikan “Aktivitas siswa adalah keaktivan atau kegiatan sedangkan siswa adalah murid atau pelajar”. Dari pengertian diatas maka peneliti mengartikan bahwa aktivitas siswa adalah kegiatan yang dilakukan oleh siswa.
2. Hasil belajar
Menurut Dimyati dan Mudjiono, hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Sedangkan dari sisi guru, hasil belajar merupakan saat terselesikannya bahan pelajaran. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah :
1. Faktor eksternal
1. Bahan ajar
Bahan ajar mempengaruhi hasil belajar, oleh karena itu dalam pengajaran dilakukan secara berangsur-angsur, dari tidak tahu menjadi tahu.
2. Model mengajar
Model mengajar adalah cara yang digunakan oleh guru dalam menggorganisasikan kelas.
3. Media pendidikan
Media pendidikan adalah alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar.
4. Keadaan lingkungan
Keadaan lingkungan meliputi kenyamanan belajar di kelas.
2. Faktor internal
Faktor internal adalah faktor yang ada didalam diri peserta didik meliputi faktor fisik dan phsikis. Faktor fisik meliputi kesehatan badan, sedangkan faktor phsikis meliputi motivasi, intelegensi, sikap, emosi.
Didalam proses belajar mengajar yang juga tidak kalah pentingnya adalah model pembelajaran. Suatu model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran didalam kelas untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pengajaran yang direncanakan. Model pembelajaran kooperatif dengan metode Inside Outside Circle yang dapat digunakan di SMKN 1 Sidoarjo.


| Free Bussines? |

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Kode Iklan sobat yg berukuran 120 x 600 disini!!!
;